Asyiknya Field Trip SD-SMP Al-Imam

Dua baris kursi kecil berderet rapi. Setiap baris berisi sekitar empat kursi. Di setiap kursi terdapat aneka benda, seperti gayung mandi, dua sumpit, kacang, balon, satu telur rebus, dan holahop. Benda-benda tersebut bukan pajangan apalagi untuk dijual. Benda tersebut adalah game yang sedang dilombakan oleh siswa SD-SMP Al-Imam Islamic School.

Di setiap kursi berdiri seorang siswa yang akan melakukan game. Randi Patajangan, host lomba memberi aba-aba dengan menghitung mundur, “Three, two, one. Start!” Saat mendengar kata start, Rulliansyah yang berada paling depan langsung beraksi. Dia melempar bola kecil ke dalam gayung dengan jarak sekitar dua meter.

Sayang, beberapa lemparan, bolanya selalu meleset. Sedangkan lawannya berhasil dan berganti ke game selanjutnya. Siswa kelas 4 ini tak putus asa. Dicobanya lagi hingga berhasil. Disambut Zahran yang mengambil kacang-kacang kecil dengan sumpit dan meletakkannya di atas kursi. Tak lama kacang-kacang itu berhasil dipindahkan.

Giliran Rizkart. Tugasnya menjawab soal matematika yang cukup sulit dari ustaz Rahmad Ramadhan. Siswa SMP kelas 7 ini berpikir keras dan cepat hingga akhirnya bisa menjawab. Perlombaan terus berlanjut, mulai dari swit, hingga holahop. Sayang, kelompok yang bernama Clenoia Mydas ini akhirnya harus kalah cepat dari lawan.

Ini adalah salah satu permainan dalam ajang Field Trip yang diadakan oleh SD-SMP Al-Imam Islamic School Balikpapan pada 15 Desember lalu. Acara ini diadakan setelah siswa mengikut Ujian Akhir Semester (UAS) ganjil. Tujuannya untuk refreshing, melatih jiwa kepemimpinan, dan belajar lebih dekat dengan alam.

Tema Field Trip yang diadakan di Lamin Etam ini adalah My Nature My Adventure. Menurut ketua acara, Dyah Anita Dwiriyani tema ini diambil agar siswa sadar betapa luas dan pentingnya alam bagi manusia. Lamin Etam sendiri dikelilingi pepohonan rindang. Sejauh mata memandang hijau pepohonan yang tampak. Apalagi, disediakan aneka satwa.

“Jika selama ini siswa belajar di dalam kelas dan cenderung terbatas tempat, dalam acara ini mereka bisa melihat alam, aneka satwa, dan merasakan berbagai permainan yang asyik. Harapannya mereka bisa mengeksplor alam yang indah itu,” tutur alumnus Universitas Diponegoro ini.

Acara dimulai sejak pagi. Siswa berangkat menggunakan enam bus besar. Mereka tampak sangat antusias mengikuti setiap ajang perlombaan. Setiap grup yang terdiri dari delapan anggota ini berusaha sebaik mungkin agar dapat meraih juara. Kemeriahan terdengar saat nama-nama grup yang meraih juara disebut dan dipanggil ke dapan untuk menerima hadiah.

Field Trip adalah salah satu acara tetap sekolah yang terletak di Kompleks Masjid Namirah, Balikpapan Baru ini. Acaranya diadakan setiap kali usai ujian akhir semester, baik semester ganjil atau pun genap. Tujuannya sebagai media edukasi sekaligus refreshing siswa setelah hampir dua pekan berjibaku dengan ujian.

Contact Us!

Ruko Komplek Masjid Namirah Blok A2 Baru, Damai,
Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76114​

(0542) 8515762​

adminsd@aisba.sch.id

adminsmp@aisba.sch.id

Follow Us