Mimpi Ustaz Muflih yang Terwujud

Mimpi Ustaz Muflih yang Terwujud

“Sebenarnya ini berawal dari ide gila sepekan lalu pada waktu rapat perdana,” kata ustaz Muflih dalam awal presentasi program pembelajaran SD-SMP Al-Imam Islamic School Balikpapan beberapa waktu lalu.

Ide gila Ustaz alumni magister Marmara University Turki ini adalah Learning Management System (LSM) yang terdapat dalam situs sekolah. Ustaz Muflih—sapaan akrabnya—awalnya terinspirasi dari e-learning yang dipakai oleh teman-temannya di sekolah di Jawa. Karena efektif, dan menarik, dia mengusulkan ke pihak yayasan.

“Alhamdulillah, akhirnya ide gila ini diterima,” tambahnya lagi.

Setelah ide gila itu diterima, Ustaz Muflih langsung ngebut membuat LSM tersebut. Yang dilakukan pertama adalah membuat web sekolah. Alamatnya ini: aisba.sch.id. Nah, e-learning LSM ini terdapat dalam web itu. Setelah dikebut selama sepekan, akhirnya web dan LSM yang didesain sudah bisa tayang.

Menurut guru matematika SMP Al-Imam Islamic School Balikpapan ini e-learning LSM ini punya banyak manfaat. Terlebih pada masa padami ini. LSM ini punya banyak fitur, dan aplikasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Praktif, efektif, dan efesien.

“Dalam LSM ini guru bisa melakukan pembelajaran dengan cara video conference, memberikan soal, kuesinoer, cek jawaban siswa, dan masih banyak lagi,” tambahnya.

Menariknya, orangtua tidak perlu lagi download banyak aplikasi lagi seperti Zoom, Webex, dan aplikasi lainnya. Orangtua atau siswa cukup login ke LSM dengan username dan password yang telah disediakan. Setelah itu, guru bisa melakukan pembelajaran dengan banyak fitur.

Tidak hanya memaparkan, dalam kesempatan itu Ustaz Muflih juga mengajak para guru untuk uji coba pembelajaran via LSM. Fitur yang digunakan adalah video conference.

Para guru login, dan masuk serta melakukan percakapan interaktif secara audio visual. InsyaAllah, LSM ini akan digunakan sebagai salah satu aplikasi pembelajaran online di SD-SMP Al-Imam Islamic School Balikpapan.

Leave a Reply