SD-SMP AISBa mengadakan upacara HUT RI ke-77 pada hari ini, Rabu, 17 Agustus 2022. Upacara yang dimulai pukul 07.30 ini diadakan di lapangan sekolah di daerah Bukit Cinta Damai (BCD), Balikpapan Kota.

Seremonial tahunan ini diikuti seluruh guru dan siswa. Mereka berbaris rapi sesuai kelas dengan mengenakan seragam sekolah. Tampak para petugas upacara berseragam serba putih berdiri di tempat masing-masing. Bertugas pembawa bendera merah putih Muhammad Athar Hamizan. Siswa kelas 9 ini didampingi petugas lain: Ghazy, Atha, Syirlan, Farel, dan Rayhan. Mengenakan baju dan celana putih dengan songkok nasional dan sepatu pantovel hitam. Sedangkan bertindak pembina upacara Kepala SMP AISBa, Ustaz Abdul Rofik. Dalam amanat-nya, dia menyampaikan kemerdekaan adalah hasil perjuangan para pahlawan terdahulu. Tidak gratis dari penjajah. Tapi direbut dan diperjuangkan.

“Kemerdekaan ini diraih oleh para pejuang, para ulama, para tokoh bangsa yang telah mengorbankan semuanya. Jadi, kemerdekaan ini tidaklah gratis,” ujarnya dengan nada berapi-api. Dia menghimbau seluruh guru dan siswa agar melanjutkan perjuangan yang telah dilakukan para pahlawan. Caranya bukan dengan mengokang senjata. Tapi dengan mengajar dan belajar yang serius dan terbaik.