Profil Islamic School Balikpapan

Selayang Pandang

SD-SMP Al-Imam Islamic School Balikpapan berada di bawah naungan Yayasan Al-Imam Madinatul Iman. Yayasan ini diketuai oleh Bapak H. Muhammad Utama Jaya. Sekolah Islam ini didirikan pada tahun 2014 dan sekarang sudah menginjak usia ke-6 tahun.

SD-SMP Al-Imam Islamic School Balikpapan biasa dikenal SD-SMP AISBa. Sebutan ini juga digunakan dalam penggunaan alamat situs resmi ini: aisba.sch.id. Sementara ini SD-SMP AISBa terletak di Kompleks Masjid Namirah, Balikpapan Baru, dan sedang dibangun gedung baru yang lebih representatif di kawasan Bukit Cinta, Balikpapan.

SD-SMP Al-Imam Islamic School Balikpapan lahir sebagai jawaban dari harapan para orangtua yang ingin mendapatkan pendidikan terbaik, dan komprehensif bagi putra putri tercinta di era modern. Lembaga pendidikan yang tidak saja mencetak penghafal Al-Qur’an yang beraqidah kuat, dan beradab mulia, namun juga generasi yang cakap ilmu umum, bahas asing.

SD-SMP Al-Imam Islamic School Balikpapan mendesain kurikulum untuk mewujudkan cita-cita itu dengan menitikberatkan pada penguasaan bahasa asing—Arab, dan Inggris, matematika dan sains, serta hafalan Al-Qur’an dengan manhaj agama ahlussunnah wal jamaah. Lulusan SD ditarget hafal 5 juz, sedangkan SMP 2 juz Al-Qur’an.

Sejarah AISBA

Gelisah menyelimuti hati Bpk. H Muhammad Utama Jaya setelah melihat kondisi pendidikan umat Islam yang masih dikotomik antara ilmu agama, dan umum. Padahal, untuk mencetak generasi Islam masa depan yang unggul, dan kompetitif harus kuat ilmu agama, dan umum. 

Alumni Universitas Sriwijaya ini lalu mendirikan SD-SMP Al-Imam Islamic School Balikpapan di bawah naungan Yayasan Al-Imam Madinatul Iman. Seluruh siswanya diwajibkan menghafal Al-Qur’an. SD harus hafal 5 juz, sedangkan SMP 2 juz Al-Qur’an. Siswa dibimbing langsung para ustaz dan ustazah dengan sistem halaqoh. 

Bahasa Arab dan Inggris juga diajarkan di sini dengan porsi waktu yang cukup. Siswa tidak hanya diajarkan teori dalam buku pelajaran, tapi juga dilatih praktik berbicara langsung. Guru-gurunya merupakan ahli di bidangnya. Lulusan perguruan tinggi terkemuka. Salah satu gurunya native speaker asal Pakistan.

Matematika dan sains tak kalah penting. Bidang eksakta ini diajarkan oleh para pengajar yang berkompeten dan profesional. Selain lulusan perguruan tinggi dalam negeri, juga dua orang lulusan Turki: Marmara University, dan Cukurova University. Bahasa pengantarnya inggris dengan jam perpekan yang banyak.

SD-SMP Al-Imam Islamic School Balikpapan memiliki gedung yang representatif, berlantai tiga, dan megah. Setiap ruang kelas ber-AC sehingga siswa nyaman belajar. Alat penunjang pembelajaran, dan peraga juga komplit. Gedung sekolah juga terletak di daerah yang asri, alami, dan cukup strategis sehingga bisa dijangkau dari berbagai tempat.  

Sedangkan kegiatan ekstrakurikuler SD-SMP Al-Imam Islamic School Balikpapan terdiri dari memanah, berenang, dan bela diri tapak suci. Meski tergolong masih baru, para siswa sekolah ini telah berhasil meraih prestasi gemilang di berbagai perlombaan: tahfidz Al-Qur’an, english, dan sains. Yang terbaru gold medal—Singapore Mathematics Olympiad Regional Balikpapan.  

Dengan demikian, semoga harapan Bpk. H Muhammad Utama Jaya yang ingin mencetak generasi Islam masa depan yang cerdas intelektualnya, kuat agamanya, dan mulia akhlaknya insyaAllah bisa terwujud. 

 

 

Profil SD-SMP

  1. SD-SMP Al-Imam Islamic School Balikpapan (AISBa) berdiri pada tahun 2015 silam. Sekolah yang terletak di Balikpapan Baru berbasiskan tahfidz Al-Qur’an, dan kurikulum internasional.

  2. Sekolah Islam ini memiliki tiga keunggulan, yaitu bahasa Arab-Inggris, sains, dan hafalan Al-Qur’an. Lulus SD hafal 5 juz, sedangkan SMP 2 juz.

  3. Selain mencetak penghafal Al-Qur’an, SD-SMP Al-Imam Islamic School juga mendidik siswa yang menguasai bahasa Arab-Inggris, unggul dalam bidang eksak, serta berakidah lurus, dan beradab.

  4. Tenaga pengajar yang berintegritas, dan berkompeten. Alumni universitas terbaik di dalam dan luar negeri. Ada juga alumni Cukurova University, Marmara University Turki, dan Al-Azhar Cairo, Mesir. Satu guru native speaker asal Pakistan.

  5. Gedung sendiri tahun ajaran baru depan –InsyaAllah—tiga lantai, representatif, dan berada di lingkungan yang aman, dan sejuk. Setiap ruang ber-AC, nyaman, dan dilengkapi alat peraga edukasi yang lengkap.

  6. SD-SMP Al-Imam Islamic School Balikpapan menyediakan kegiatan ekstrakurikuler seperti belada diri tapak suci, renang, dan memanah. Selain untuk menguatkan fisik siswa, olahraga ini juga implementasi dari sunnah Rasulullah.

  7. Siswa dan guru SD-SMP Al-Imam telah meraih berbagai prestasi di berbagai perlombaan. Juara 1 tahfidz Al-Qur’an, juara 1 spelling bee, dan juara 1 english story telling tingkat kota Balikpapan. Teranyar Gold Medal, Singapore Mathematics Olympiad Regional Balikpapan oleh tiga siswa SMP.

  8. Pada September ini dua guru berhasil meraih prestasi. Muflihin, guru alumni magister Marmara University meraih Silver Award pada ajang READ1 Online Competition (ROC) Mathematics for Teacher. Dyah Mei Rimadhani juara satu pada lomba “Memotivasi Siswa” yang diadakan Kantor Bahasa Kalimantan Timur.

  9. SD-SMP Al-Imam Islamic School Balikpapan memiliki kegiatan untuk menunjang proses pembelajaran siswa. Kegiatan itu seperti Students Day—pementasan seni, dan bakat siswa—field trip, Parent Class Visit, dan Examination Authority (EXOT).

 

Logo AISBA Darker

Al Imam Islamic School Balikpapan

Copyright © 2020 – SD-SMP Al Imam Islamic School Balikpapan